Berbagi Ilmu Dan Pengalaman Melalui Blog. ( It's My Imagination and My Creativity ).

iklan banner
iklan banner

Tari Pajaga Gilireng

Hasil Pengamatan Tari Pajaga Gilireng ( Tahap I ).
 




Rumusan Masalah
  1. Judul Tari Yang Damati.
  2. Makana dari judul tari yang diamati.
  3. Asal Daerah tari yang diamati.
  4. Fungsi dan Peranan Tari Yang diamati.
  5. Jenis teri yang diamati berdasarkan :
      a. Perkembangannya;
      b. Fungsinya;
      c. Bentuk Penyajiannya;
      d. Bentuk Koreografinya.

    Berdasarkan hasil pengamatan kelompok kami. Kami dapat menuliskan hasil pengamatan/jawaban dari rumusan masalah diatas :
  1. Tari Pajaga Gilireng.
  2. Tari ini menggambarkan kegagahan para prajurit keajaan gilireng dalam melawan musuh dan mempertahankan daerah asal mereka, wilayah, dan kerajaan mereka.
  3. Tari Pajaga Gilireng berasal dari Kec. Gilireng, Kab. Wajo.
  4. Fungsi tari di dalam kehidupan masyarakat awalnya Tarian Pajaga Gilireng ini dibawakan untuk melindungi kerajaan Gilireng yang diperintahkan kepada prajurit untuk berperan, maka tarian inilah yang membuat para prajurit semakin memiliki semangat yang tinggi. Namun, seiring perkembangan zaman, maka tarian i ni sekarang hanyalah dijadikan sebagai tari hiburan.
  5. Berdasarkan Perkembangannya, Tari Pajaga Gilireng merupakan tari yang   berkembang pada zaman masyarakat feodal, karena merupakan tarin tradisional pada masa klasik atau feodal. Karena, tarian ini merupakan tarian yang awalnya tarian yang dipertunjukkan untuk prajurit-prajurit yang ada di kerajaan gilireng. Bahkan sekarang, Tari Pajaga Gilireng berfungsi sebagi tontonan dan sudah ada yang ditata sedemikian rupa shingga memiliki nilai artistik yang tinggi. 
  6. Berdasarkan fungsinya, Tari Pajaga Gilireng dapat dikategorikan sebagai Tari       Pertunjukan dan Tari Hiburan/pergaulan, karena tari pajaga gilireng ini sering dan biasa dipertontonkan/dipertunjukkan dalam acara - acara yang formal dan nonformal.
  7. Berdasarkan Bentuk Penyajiannya, tari pajaga gilireng merupakan tari yang disajikan dalam bentuk massal (banyak orang), karena diperankan oleh lebih dari 1/2 orang.
  8. Berdasarkan Bentuk koreografinya, Tari pajaga gilirengtermasuk tri representional, karena tari ini menggambarkan secara jelas bahwa tari ini merupakan teri perang yang menceritakan kegagahan para prajurit gilireng.